18:00 . Pakar Stikosa AWS: Gen Z dalam Pilkada 2024 Jangan hanya Dijadikan Obyek!   |   10:00 . Pamit Berjemur di Depan Rumah, Pria di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Irigasi   |   09:00 . Polsek Kapas Sita Belasan Liter Miras saat Razia   |   08:00 . Klinik Aswaja, dari Forum Konsultasi Mahasiswa Unugiri Hingga 'Nguri-Nguri' Ngaji   |   21:00 . Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   20:00 . Rugby UNUGIRI Bojonegoro Raih Juara 3 Kejurnas Mahasiswa di Surabaya   |   19:00 . Lomba Mewarnai, Ramaikan Harlah YPSPP Ulul Albab Plesungan   |   18:00 . Presiden Jokowi Teken PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Tapera   |   17:00 . Berantas Rokok Ilegal, Satpol-PP Jatim Sosialisasi di Bojonegoro   |   14:00 . Selama Penyidikan, Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   10:00 . KPU Bojonegoro Lantik 1.290 PPS untuk Pilkada 2024   |   09:00 . Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa   |   08:00 . Jamaah Haji Meninggal di Masjidil Haram, Kemenag Bojonegoro Kunjungi Rumah Duka   |   07:00 . Kenakan Pakaian Adat, MIN 1 Bojonegoro Lepas 159 Siswa   |   20:00 . Gali Potensi Istimewa Mahasiswa, BEM KM UNUGIRI Adakan Kajian Filsafat   |  
Thu, 30 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kasus DBD Naik, Permintaan Trombosit Meningkat

blokbojonegoro.com | Friday, 21 January 2022 11:00

Kasus DBD Naik, Permintaan Trombosit Meningkat

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Di musim penghujan yang terjadi di Kabupaten Bojonegoro sejak akhir tahun 2021 lalu, membuat kasus Deman Berdarah Dengue (DBD) mengalami peningkatan, hal ini tentu membuat permintaan stok trombosit di Palang Merah Indonesia juga meningkat.

Menurut data yang dihimpun blokBojonegoro.com dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro, setidaknya ada sebanyak 112 kasus DBD masuk, hanya dalam kurun waktu beberapa hari.

Penyakit DBD yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti membuat jumlah trombosit di dalam tubuh pengalami penurunan. Untuk itu, diperlukan tranfusi trombosit bagi penderita DBD.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI Kabupaten Bojonegoro dr. Imam Sutrisno menyebut, dalam 3 bulan terakhir, dengan adanya kasus tersebut, jumlah permintaan trombosit juga ikut menigkat.

"Dari November hingga Januari, selalu meningkat untuk permintaan trombosit setiap harinya. Bahkan, terkadang dalam sehari permintaan trombosit sampai 60 buah kantong," katanya.

Adapun permintaan trombosit di UDD PMI Bojonegoro selalu ada, tergantung jumlah kasus DBD.

"Setiap hari permintaan selalu ada, tergantung dari rumah sakit. Biasanya yang meminta stok darah dari RSUD Sosodoro, RS Aisiyah, dan hampir semua rumah sakit yang menangani demam berdarah. Ada yang sehari minta 30 kantong trombosit," ujarnya.

Namun, stok trombosit di UDD PMI Bojonegoro selalu stabil. Bahkan daerah lain seperti Jombang dan Lamongan pun ada yang meminta stok trombosit di UDD PMI Bojonegoro.

"Kalau di Bojonegoro kita tak hanya menunggu pendonor saja, tetapi juga terjun ke langsung ke masyarakat, jadi stok darah kemungkinan selalu stabil, setiap hari juga ada pendonor kisaran 40 hingga 50 orang," kata dr. Imam.

Imam menyebut, semua bisa menjadi pendonor trombosit, namun ada beberapa ketentuan yang membuat trombosit berkualitas, pendonor harus mempersiapkan diri sebelumnya, seperti dengan mengatur pola makanan, agar menjadikan darah yang didonorkan tidak terlalu keruh, sehingga membuat trombosit lebih bagus.

Pasalnya, setiap pasien DBD membutuhkan 10 kantong darah trombosit. Imam berharap kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darah. Sebab, darah menjadi kebutuhan pokok bagi yang membutuhkan.

"Masa demam berdarah saat ini menjadi tranfusi trombosit adalah salah satu hal yang menjadi kewajiban, karena jumlah trombosit di pasien menurun, jadi mau tidak mau harus ada sumbangan trombosit dari luar, caranya dengan mendonorkan darah kita kepada orang lain," pungkasnya. [riz]

Tag : demam berdarah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat