20:00 . Minibus Adu Banteng dengan Truk, Satu Orang Meninggal   |   19:00 . Pintu Air Waduk Pacal Macet, BPBD Terus Berkoordinasi BBWS Cegah Potensi Banjir Susulan   |   18:00 . Bupati Anna Resmikan Pasar Burung Bagi Para Bird Lovers   |   16:00 . Student Agency, Tantangan Guru Masa Kini   |   15:00 . Lagi Turun, Harga Antam Dijual Mulai Rp539.500   |   13:00 . Hujan, Ini Tips Saat Berkendara dengan Motor   |   19:00 . Viral Pengantin Nikah Saat Banjir, Netizen: Doa Mantan Terkabulkan   |   18:00 . Viral, Warga Sukosewu Langsungkan Pernikahan di Tengah Banjir   |   15:00 . Ini Tips Tetap Bugar dan Tingkatkan Imun Ala Tirta Ayu Spa   |   13:00 . Pernikahan Dini Marak, APPA dan PA Bojonegoro Bersinergi Bersama   |   11:00 . Inilah Nama Pemenang Fashion Street Fruit and Veggie Competition   |   10:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan Insan UPG dari KPK   |   09:00 . Teknologi Informasi dan Komunikasi Berkembang, Jurnalis Harus Adaptasi dengan Tantangan   |   21:00 . Pengunjung BNFF Tumpah Ruah   |   18:00 . STIKES Rajekwesi Bojonegoro Borong Dua Juara   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bengawan Solo Tercemar Zat Kimia, DLH : Jangan dibuat Minum dan Mandi

blokbojonegoro.com | Wednesday, 03 August 2022 15:00

Bengawan Solo Tercemar Zat Kimia, DLH : Jangan dibuat Minum dan Mandi

 

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Sungai Bengawan Solo yang melintasi Kabupaten Bojonegoro diduga tercemar zat kimia, jenis Amonia. Oleh karenanya Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro Hanafi meminta kepada masyarakat Bojonegoro untuk tidak mengunakan air sungai untuk dibuat kebutuhan mandi dan juga minum selama beberapa hari kedepan.

Hanafi menjelaskan Amonia merupakan zat yang dihasilkan dari kotoran hewan seperti sapi dan lainnya, manusia dan juga limbah dari pewarna tekstil. Jika air yang sudah tercemar zat kimia amonia ini digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti diminum, mandi maka berisiko bagi kesehatan manusia.

"Kita harapkan jangan dibuat minum ataupun mandi karena tadi tercemar zat kimia amonia. Limbah ini dihasilkan dari kotoran hewan dan manusia dan juga tekstil," kata Hanafi.

Namun, Hanafi menambahkan, meski tak baik untuk dikonsumsi dan dibuat mandi, air ini masih layak untuk dibuat mengairi tanaman. Selain itu, penurunan kualitas air akibat tercemarnya zat kimia amonia di wilayah Bojonegoro sendiri sudah berlangsung sejak dua pekan yang lalu. Tingkat pencemaran air sungai mencapai 4,1.

"Sekarang tingkat pencemarannya sudah turun dari 7, sekian dan sekarang menjadi 4,1 ini tergolong sudah rendah tapi masih tidak layak untuk dibuat minum dan mandi," jelasnya.

Hanafi mengaku, penurunan kualitas air yang disebabkan adanya zat kimia amonia ini tak hanya terjadi di tahun ini saja. Namun hal serupa juga terjadi setiap tahunnya terutama di saat air sungai Bengawan Solo surut akibat kemarau. 

“Pencemaran seperti ini sudah sering terjadi. Untuk air PDAM kita juga masih belum tahu bagaimana cara mereka melakukan pengelolaan airnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bojonegoro, Khairul Anwar mengungkapkan, kondisi sampai saat ini hasil pengolahan unit produksi masih baik, bagian teknik juga terus berkoordinasi dengan PJT terkait hal tersebut.

“Alhamdulillah belum ada keluhan yang masuk, terkait adanya pencemaran limbah tersebut,” pungkasnya. [riz/lis]

 

 

Tag : Bengawan, solo, dlh



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat