07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

9 Cara Sederhana Bangun Kepercayaan Diri pada Anak

blokbojonegoro.com | Saturday, 17 September 2022 07:00

9 Cara Sederhana Bangun Kepercayaan Diri pada Anak

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Membangun kepercayaan diri pada anak membutuhkan usaha yang ekstra dari oranngtua.

Pada saat anak-anak mulai mengembangkan kepribadiannya, maka mereka akan menunjukkan sejumlah sifat. Namun, ada satu sifat yang perlu dorongan lebih agar anak mau menunjukkannya, yaitu kepercayaan diri.

Ya, beberapa anak membutuhkan dorongan ekstra untuk percaya diri dalam hidup mereka. Membesarkan anak sebagai pribadi yang percaya diri memang membutuhkan usaha ekstra dari orang tua.

Sementara membesarkan anak pasti membutuhkan lebih banyak perhatian dan datang dengan tantangan yang tak terhitung banyaknya, membesarkan anak yang percaya diri membutuhkan lebih banyak masukan dari itu.

Sifat percaya diri dapat menanamkan hal positif pada anak

Dikutip laman Times of India, kebutuhan untuk mengembangkan rasa percaya diri adalah karena anak yang percaya diri dapat menjadi positif dalam hidup.

Tidak ada yang bisa menghalangi anak yang percaya diri. Tidak ada yang bisa menggoyahkan integritas seseorang yang super positif dalam hidup.

Sebagai orang tua, Anda tahu betapa sulitnya menghadapi kehidupan ketika yang datang dengan pasang surutnya.

Pada saat-saat krisis itu, kepercayaan diri adalah apa yang akan membantu seorang anak berlayar dengan bahagia.

Selain itu, kepercayaan diri membantu anak dalam menentukan karier, borsosialisasi di masyarakat, menciptakan kehadiran di ruang kerja dan dalam membangun reputasi dalam kehidupan mereka kelak.

Membangun kepercayaan diri adalah proses bertahap

Hanya mengatakan "kamu hebat" atau "kamu yang terbaik" tidak akan membantu anak Anda menjadi percaya diri.

Menurut situs Kids Health, untuk membangun kepercayaan diri anak, Anda harus berusaha secara teratur. Mengembangkan kepercayaan diri adalah proses bertahap.

Kata-kata penyemangat memiliki kekuatan, karenanya selalu hargai anak Anda atas prestasinya.

Pujilah mereka untuk kekuatannya dan dorong mereka jika mereka merasa kurang mampu dalam satu hal.

Tetapi berhati-hatilah agar Anda tidak berlebihan. Terlalu banyak penghargaan dapat mengembangkan sikap arogan pada anak alih-alih kepercayaan diri.

Anak mungkin menjadi tergantung pada kata-kata penghargaan dan akan sering membutuhkannya untuk memvalidasi dirinya sendiri.

Ceritakan kepada mereka kisah-kisah keberanian

Selain pengalaman hidup, anak juga perlu diberi tahu tentang cerita dan narasi. Cerita rakyat dan cerita kepercayaan diri, narasi di mana pancaran kepercayaan diri telah membantu seseorang harus diceritakan kepada anak-anak.

Anda juga dapat menceritakan kepada anak-anak kisah nenek moyang yang menentang perbuatan buruk dan kejahatan masyarakat dan melawannya dengan berani.

Cara Sederhana Bangun Kepercayaan Diri Anak

Berikut ini 9 cara sederhana yang akan membantu Anda dalam proses membangun kepercayaan diri saat membesarkan anak:

1. Jangan gunakan kritik yang kasar dan kasar untuk orang lain
2. Meski ada kompetisi, bicaralah positif tentang lawan
3. Puji anak Anda, tetapi dalam batas
4. Ajari anak tentang kebaikan
5. Ajari anak tentang sumbangan dan pemberian
6. Bicara tentang kekuatan; memberikan saran tentang kelemahan
7. Beri mereka tugas kecil sesekali
8. Libatkan mereka dalam diskusi dan dengarkan saran mereka
9. Ajari mereka keuangan

Yang perlu diingat bahwaorang tua perlu membuat anak memahami pentingnya kepercayaan diri dalam kehidupan individu dan juga membuat mereka menyadari bahwa kepercayaan diri tidak boleh digunakan untuk mendapatkan kekuasaan atas orang lain.

Percaya diri adalah cerminan kekuatan diri, bukan sarana untuk mengalahkan seseorang. Itu tidak mewakili status individu, tetapi itu mewakili kehadiran pikiran.

*Sumber: suara.com

 

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News  

 

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat