13:00 . Lapas Bojonegoro Gelar Razia Halinar Dadakan   |   12:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Gas Lapangan JTB   |   16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |   09:00 . Pergantian Pejabat di PT Kilang Pertamina Internasional : Bukti Legacy Kepemimpinan   |   08:00 . Polres Bojonegoro Bersama Perum Perhutani Tandatangani Perjanjian Kerjasama   |   07:00 . Pro Kontra Esteh Indonesia Tinggi Gula, Ketua PDGI Sampai Angkat Bicara   |   20:00 . Program RPL Pemkab Anggarkan Rp10,8 Miliar   |   19:00 . Kunjungi Bojonegoro, Kabidokkes Polda Jatim Beri Santunan ke Masyarakat   |   18:00 . Masuk Musim Panen, Harga Cabai Turun Drastis   |   17:00 . Banyak Perempuan Kuliah Ketimbang Nganggur, Ismail Fahmi: Mari Diubah Pola Pikir Digital Competitiveness   |   16:00 . Kuliah Umum di Udayana, SKK Migas Bahas Peran Hulu Migas untuk Energi Nasional   |  
Thu, 29 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

9 Cara Sederhana Bangun Kepercayaan Diri pada Anak

blokbojonegoro.com | Saturday, 17 September 2022 07:00

9 Cara Sederhana Bangun Kepercayaan Diri pada Anak

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Membangun kepercayaan diri pada anak membutuhkan usaha yang ekstra dari oranngtua.

Pada saat anak-anak mulai mengembangkan kepribadiannya, maka mereka akan menunjukkan sejumlah sifat. Namun, ada satu sifat yang perlu dorongan lebih agar anak mau menunjukkannya, yaitu kepercayaan diri.

Ya, beberapa anak membutuhkan dorongan ekstra untuk percaya diri dalam hidup mereka. Membesarkan anak sebagai pribadi yang percaya diri memang membutuhkan usaha ekstra dari orang tua.

Sementara membesarkan anak pasti membutuhkan lebih banyak perhatian dan datang dengan tantangan yang tak terhitung banyaknya, membesarkan anak yang percaya diri membutuhkan lebih banyak masukan dari itu.

Sifat percaya diri dapat menanamkan hal positif pada anak

Dikutip laman Times of India, kebutuhan untuk mengembangkan rasa percaya diri adalah karena anak yang percaya diri dapat menjadi positif dalam hidup.

Tidak ada yang bisa menghalangi anak yang percaya diri. Tidak ada yang bisa menggoyahkan integritas seseorang yang super positif dalam hidup.

Sebagai orang tua, Anda tahu betapa sulitnya menghadapi kehidupan ketika yang datang dengan pasang surutnya.

Pada saat-saat krisis itu, kepercayaan diri adalah apa yang akan membantu seorang anak berlayar dengan bahagia.

Selain itu, kepercayaan diri membantu anak dalam menentukan karier, borsosialisasi di masyarakat, menciptakan kehadiran di ruang kerja dan dalam membangun reputasi dalam kehidupan mereka kelak.

Membangun kepercayaan diri adalah proses bertahap

Hanya mengatakan "kamu hebat" atau "kamu yang terbaik" tidak akan membantu anak Anda menjadi percaya diri.

Menurut situs Kids Health, untuk membangun kepercayaan diri anak, Anda harus berusaha secara teratur. Mengembangkan kepercayaan diri adalah proses bertahap.

Kata-kata penyemangat memiliki kekuatan, karenanya selalu hargai anak Anda atas prestasinya.

Pujilah mereka untuk kekuatannya dan dorong mereka jika mereka merasa kurang mampu dalam satu hal.

Tetapi berhati-hatilah agar Anda tidak berlebihan. Terlalu banyak penghargaan dapat mengembangkan sikap arogan pada anak alih-alih kepercayaan diri.

Anak mungkin menjadi tergantung pada kata-kata penghargaan dan akan sering membutuhkannya untuk memvalidasi dirinya sendiri.

Ceritakan kepada mereka kisah-kisah keberanian

Selain pengalaman hidup, anak juga perlu diberi tahu tentang cerita dan narasi. Cerita rakyat dan cerita kepercayaan diri, narasi di mana pancaran kepercayaan diri telah membantu seseorang harus diceritakan kepada anak-anak.

Anda juga dapat menceritakan kepada anak-anak kisah nenek moyang yang menentang perbuatan buruk dan kejahatan masyarakat dan melawannya dengan berani.

Cara Sederhana Bangun Kepercayaan Diri Anak

Berikut ini 9 cara sederhana yang akan membantu Anda dalam proses membangun kepercayaan diri saat membesarkan anak:

1. Jangan gunakan kritik yang kasar dan kasar untuk orang lain
2. Meski ada kompetisi, bicaralah positif tentang lawan
3. Puji anak Anda, tetapi dalam batas
4. Ajari anak tentang kebaikan
5. Ajari anak tentang sumbangan dan pemberian
6. Bicara tentang kekuatan; memberikan saran tentang kelemahan
7. Beri mereka tugas kecil sesekali
8. Libatkan mereka dalam diskusi dan dengarkan saran mereka
9. Ajari mereka keuangan

Yang perlu diingat bahwaorang tua perlu membuat anak memahami pentingnya kepercayaan diri dalam kehidupan individu dan juga membuat mereka menyadari bahwa kepercayaan diri tidak boleh digunakan untuk mendapatkan kekuasaan atas orang lain.

Percaya diri adalah cerminan kekuatan diri, bukan sarana untuk mengalahkan seseorang. Itu tidak mewakili status individu, tetapi itu mewakili kehadiran pikiran.

*Sumber: suara.com

 

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News  

 

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat