11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Thu, 18 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Diduga Gelapkan Uang Nasabah, Oknum Karyawan Koperasi Dilaporkan

blokbojonegoro.com | Monday, 16 January 2023 12:00

Diduga Gelapkan Uang Nasabah, Oknum Karyawan Koperasi Dilaporkan

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Diduga gelapkan uang nasabah kurang lebih Rp400 juta, IK (28) karyawan Koperasi KSPPS BMT Mitra Usaha Syariah yang berada di Kecamatan Sumberrejo dilaporkan belasan nasabahnya ke Polres Bojonegoro, Senin (16/1/2023).

Salah satu korban yang melapor, Basuki Bambang Heri Purnomo asal Desa Cangaan, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro itu mengaku, dirinya bersama beberapa korban lainnya hari ini melaporkan IK warga Desa Sumuragung, Kecamatan Sumberrejo atas dugaan penggelapan dana tabungan nasabah.

“Di Desa Cangaan sendiri ada kurang lebih 34 korban. Sementara itu, saya mengalami kerugian sebesar kurang lebih Rp50 Juta,” ungkap Bambang kepada blokBojonegoro.com usai laporan.

Ia menambahkan, awal mula mengetahui bahwa uangnya digelapkan, yakni pada saat dirinya ingin mengambil uang di kantor koperasi yang berada di belakang Pasar Sumberrejo untuk kebutuhan sekolah anaknya. Namun, ketika dicek yang masuk ke tabungan hanya Rp200 ribu.

“Selama ini kami hanya menyetorkan uang ke oknum pegawai tersebut. Karena kami sudah mempercayakan sepenuhnya terhadap dia, tetapi malah saat dicek uangnya tidak masuk ke tabungan,” bebernya.

Sementara itu, Manager Koperasi KSPPS BMT Mitra Usaha Syariah, Khoirul Huda membenarkan adanya kejadian tersebut. IK merupakan salah satu pegawai sebagai marketing di lapangan. Dalam melancarkan aksinya itu, IK diduga menggunakan beberapa motif untuk mengelabuhi nasabah.

“Dia melakukan transaksi penarikan uang tabungan terhadap anggota atau nasabah, tetapi dari penarikan uang anggota itu tanda tangannya dipalsukan, terus untuk uangnya nggak dikasihkan kepada anggota,” ujar Khoirul Huda.

Selain itu, Huda menambahkan, modus lainnya yaitu, IK juga diduga memalsukan Kwitansi tanda terima dari nasabahnya, dan tanda tangan kantor. 

“Selanjutnya, dari kantor pun telah melakukan tindakan secara kekeluargaan. Namun, oknum tersebut tidak ada itikad kooperatif. Akhirnya kami juga menempuh jalur hukum dengan lapor ke pihak Kepolisian,” pungkasnya.

Perlu diketahui, berdasarkan data yang dihimpun blokBojonegoro.com dari beberapa sumber, korban dari dugaan penggelapan ulah oknum tersebut mencapai kurang lebih 129 nasabah. Dengan total kerugian sekitar Rp411 juta. [riz/lis]

 

Tag : Kriminal, penggelapan, koperasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat