10:00 . Selidiki Penyebab Kematian Remaja di Bojonegoro, Polisi Periksa 5 Saksi   |   08:00 . Hendak Konvoi, Ratusan Remaja di Bojonegoro Dihukum Dorong Motor   |   07:00 . Tersebar Diduga CCTV Detik-detik Remaja di Bojonegoro Dikejar 4 Motor Sebelum Meninggal   |   22:00 . Kisah Inspiratif Pembatik Gen Z Asal Temayang, Berdayakan Tetangga Melalui Usaha Rintisannya   |   21:00 . Ya Allah, Balita di Bojonegoro Meninggal Terlindas Truk   |   20:00 . Sebelum Dimakamkan, Jenazah Remaja yang Ditemukan Meninggal di Bojonegoro Diautopsi   |   19:00 . Kronologi Meninggalnya Remaja di Bojonegoro, Korban Dikejar dan Tabrak Pembatas Jalan, Polisi Terus Selidiki   |   18:00 . Setyo Wahono Adik Mensesneg Nyatakan Siap Maju Calon Bupati Bojonegoro   |   17:00 . Remaja di Bojonegoro Ditemukan Meninggal, Dikeroyok atau Kecelakaan?   |   16:00 . Bagaimana Pertanian Ekologis Ramah Lingkungan Mengubah Nasib Petani di Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Satu Keluarga Hasilkan Cuan dari Olahan Tanaman Sekitar Rumah, Bisnis Makin Berkembang Berkat KUR   |   14:00 . Kisah Milenial Asal Bojonegoro Gunakan Satu Aplikasi Untuk Segala Kebutuhan   |   13:00 . Bayar Uang Kuliah Hingga Beli Pulsa, Belanja Bisa Lewat Fitur BRImo   |   12:00 . Bukan Suami Istri, Penghuni Kos Nakal Pondok Pinang Diamankan Satpol PP   |   09:00 . Hendak Konvoi, Ratusan Remaja di Bojonegoro Diamankan Polisi   |  
Sun, 14 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

LSM Pijar Laporkan Kades Kedaton Dugaan Pungli, AKD Bojonegoro Akan Lapor Balik

blokbojonegoro.com | Friday, 16 June 2023 18:00

LSM Pijar Laporkan Kades Kedaton Dugaan Pungli, AKD Bojonegoro Akan Lapor Balik Ketua Bidang Advokasi Hukum, AKD Bojonegoro, Anam Warsito (Kiri) dan Ketua LSM Pijar, Agung Edi Wardoyo usai melaporkan (Kanan) (Foto : Istimewa)

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Kepala Desa (Kades) Kedaton, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Suntiyono dilaporkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pijar ke Polisi atas dugaan penyalahgunaan wewenang terhadap program tanah sistematis lengkap (PTSL).

Menanggapi laporan ini, Kades Kedaton mengadu ke Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Bojonegoro karena dirinya merasa terintimidasi dengan banyaknya chatting dan telepon masuk, yang mengatasnamakan wartawan, dan melontarkan pertanyaan yang menyudutkan Kades dan Panitia PTSL. Akhirnya, AKD Kabupaten Bojonegoro akan melakukan pelaporan balik terhadap LSM Pijar.

Ketua Bidang Advokasi Hukum dan HAM, AKD Bojonegoro, Anam Warsito mengungkapkan, pihaknya telah menerima aduan dari Kades Kedaton, karena dirinya (Suntiyono) merasa terintimidasi atas pelaporan ke polisi yang dilakukan oleh LSM Pijar. banyaknya WhatsApp yang masuk, sehingga membuat Kades Kedaton tidak fokus dan terganggu.

"Kades Kedaton merasa terintimidasi, sehingga menjadi terganggu dan kurang fokus dalam melayani masyarakat dan melaksanakan tahapan PTSL," ungkap Warsito dalam keterangan yang diterima blokBojonegoro.com, Jumat (16/6/2023).

Selain itu, Anam Warsito juga menyampaikan klarifikasi terkait pelaporan yang dilakukan LSM Pijar ke Kepolisian Resort (Polres) Bojonegoro. Klarifikasi tersebut, diantaranya Kades Kedaton tidak pernah meminta uang kepada panitia PTSL seperti apa yang dikatakan LSM Pijar.

"Kepala Desa Kedaton juga tidak pernah menggunakan uang PTSL untuk kepentingan pribadi," ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Wotan, Kecamatan Sumberrejo itu.

Lebih lanjut, Anam menerangkan bahwa, yang dilakukan oleh LSM Pijar terdapat tendensi gerakan politik, yang bertujuan menjatuhkan martabat dan kehormatan Kepala Desa Kedaton. Pasalnya, pada Pilkades lalu, para oknum LSM Pijar adalah pendukung calon kepala desa Kedaton yang kalah.

"Anggota LSM itu juga warga setempat, seharusnya dapat meminta klrarifikasi langsung kepada Kades Kedaton dan panitia PTSL atas prasangka mereka terhadap pengelolaan dana PTSL, sehingga sangat nyata dan jelas adanya tendensi politik," tegasnya.

Hingga saat ini, pihak Kades dan panitia PTSL, lanjut Anam, menunggu itikad baik dari LSM Pijar, untuk mencabut pelaporan yang mereka buat, karena hal tersebut merupakan fitnah yang tidak benar dan menyerang martabat dan kehormatan.

"Namun dalam batas waktu tertentu jika pelaporan tersebut tidak dicabut, Kades dan Panitia akan melaporkan balik LSM Pijar yang telah menyerang martabat, kehormatan dan nama baik Kades Kedaton dan Panitia PTSL," imbuhnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua LSM Pijar, Agung Edi Wardoyo mengaku, dirinya akan tetap bersikeras dan tidak akan mencabut laporannya dan akan tetap dilanjutkan dengan alat bukti yang telah mereka kantongi.

"InsyaAllah. Kita tetap lanjutkan, kita pengaduan berdasarkan bukti-bukti," pungkasnya. [riz/lis]

 

Tag : LSM, pijar, lapor, . Balik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat