08:00 . 2 Mahasiswa PJKR UNUGIRI Bojonegoro Raih Gelar Juara Ju-Jitsu dalam Piala Bupati Ngawi   |   17:00 . Gandeng Kampus Lokal, Guru Matematika SMA Bojonegoro Berlatih Membuat AR   |   15:00 . Wadahi Potensi, Pesantren Modern Al Aly Gelar Kompetisi   |   09:00 . Dibalut Proses Sungkeman, 522 Siswa SMK Negeri 1 Bojonegoro Dilepas   |   15:00 . Gugat KPU ke Bawaslu, Bapaslon Nurul-Nafik: Silon Sering Error   |   06:00 . Setahun Jadi ISTeK ICsada, Akreditasi Kampus Ungu Dapat Predikat Baik   |   20:00 . PHE Raih Penghargaan dalam IPA Convex 2024   |   19:00 . Geliat┬áMemperingati Hari Buku   |   18:00 . Tiga Klub Milik Exco PSSI Melenggang Babak 16 Besar Liga 3 Nasional   |   17:00 . HUT Dekranasda ke-44, Ketua Dekranasda Bojonegoro Ajak Kader Terus Gali Potensi dan Tingkatkan Kreatifitas.   |   16:00 . Bapaslon Nurul Azizah-Nafik Sahal Akan Gugat KPU Bojonegoro   |   15:00 . KPU Bojonegoro Kembalikan Berkas Dukungan Bapaslon Nurul Azizah-Nafik Sahal   |   14:00 . TP PKK Sarangan Gelar Pelatihan Racik Ramuan Toga   |   12:00 . Kacabdindik Bojonegoro Tuban Dukung Gerakan Kantin Halal bersama LP3H KAHMI   |   11:00 . Laga Pamungkas, Persibo Gagal Tumbangkan Adhyaksa Farmel FC   |  
Mon, 20 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Berburu 'Enthung' Ulat Jati di Hutan Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Monday, 18 December 2023 15:00

Berburu 'Enthung' Ulat Jati di Hutan Bojonegoro

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Warga pinggiran hutan di selatan Kabupaten Bojonegoro, memiliki tradisi berburu ulat jati disaat memasuki musim penghujan tiba, kepompong dan ulat jati ini tidak hanya untuk dikonsumsi sendiri, sejumlah warga juga menjualnya.

Dengan berbekal toples, tas kresek dan karung, warga Desa Buntalan, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro berbondong-bondong mencari kepompong ulat jati atau yang biasa disebut 'Enthung'.

Mereka tak perlu susah payah mencari hingga memanjat ke pohon jati. Lantaran, ulat tersebut telah berjatuhan di tanah dan tinggal mengambil. Selanjutnya, usai terkumpul, warga memisahkan ulat dari kepompong untuk dijual atau dikonsumsi sendiri.

Salah satu warga, Jumirah mengungkapkan, dirinya menjual enthung jati dengan harga Rp70 ribu per kilogram, atau Rp10 per cangkir. Sementara mulai pagi hingga sore hari ia dapat menjual hingga 15 cangkir enthung jati per hari nya.

Jumirah mengaku, rasa dari enthung jati ini cukup enak, tergantung dalam memasak. Ia mengaku, enthung jati ini bisa dibuat sayur dan di goreng, tergantung selera masing-masing. Namun, konsumen perlu berhati-hati, karena jika tidak cocok, bisa saja timbul alergi dan terdapat bentol-bentol merah di sekujur tubuh.

“Bisa disayur dan digoreng. Tapi kalau nggak tawar, ya alergi,” ungkap Jumirah, Senin (18/12/2023) ditemui di ladang tempat ia mencari Enthung.

Sementara itu, warga lainnya, Yayuk mengaku berangkat dengan keluarganya datang ke hutan, untuk mencari enthung dan dikonsumsi sendiri, enthung yang ia dapatkan, biasa dimasak tumis dengan dicampur daun kedondong.

“Rasanya gurih dan cukup enak,” terang Yayuk singkat.

Untuk diketahui, berburu enthung di hutan jati seperti ini, sudah menjadi tradisi warga pinggiran hutan wilayah selatan Kabupaten Bojonegoro, saat musim penghujan tiba, perburuan akan berakhir seiring hilang ulat atau enthung yang sudah berubah menjadi kupu-kupu. [riz/lis]

 

 

 

Tag : berburu, ulat, jati



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat