19:00 . Agar Selamat dari Informasi Hoaks, AMSI Beberkan Tips   |   18:00 . AMSI Jatim Berikan Pelatihan Literasi Berita, Peserta Antusias Pelajari Cara Kerja Media dan Cek Fakta   |   17:00 . Tega, Bayi Baru Lahir Ditinggal di Bawah Pohon   |   16:00 . Shio Kuda Hindari Konflik dalam Keluarga, Kambing; Perdebatan bisa Rusak Suasana   |   15:00 . 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Anna, Ubah Bojonegoro Lebih Maju Termasuk Pembangunan Infrastruktur   |   14:00 . Warga Berebut Adopsi Bayi di Sumberarum, Dinsos Bojonegoro Jelaskan Prosedurnya   |   13:00 . Lapas Bojonegoro Gelar Razia Halinar Dadakan   |   12:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Gas Lapangan JTB   |   16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |   09:00 . Pergantian Pejabat di PT Kilang Pertamina Internasional : Bukti Legacy Kepemimpinan   |   08:00 . Polres Bojonegoro Bersama Perum Perhutani Tandatangani Perjanjian Kerjasama   |  
Thu, 29 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Inovatif, Perempuan Kauman Kreasikan Bermacam-Macam Manisan Legit

blokbojonegoro.com | Sunday, 05 September 2021 17:00

Inovatif, Perempuan Kauman Kreasikan Bermacam-Macam  Manisan Legit

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Buah dan sayuran memiliki kandungan gizi yang baik. Dua komoditas ini selain bisa dimakan langsung sebagai pencuci mulut atau lalapan bisa juga diolah menjadi manisan. Termasuk buah mangga, pepaya dan kedondong serta sayur labu siam.

Hal ini yang dilakukan Tantri Irawati Kusharyanti, wanita asal Desa Kauman, Bojonegoro. Berkat ide kreatif serta racikan pasnya dia bisa memproduksi manisan sayur dan buah. Proses pembuatannya juga cukup sederhana tanpa memakan waktu yang panjang. Karena ide kreatifnya pula, dia sukses berniaga manisan dengan omzet lumayan. 

"Tahun lalu memang musim mangga dan cukup lebat, saking banyaknya tentu tidak ada yang memanfaatkan. Maka kami berinovasi produksi manisan buah mangga. Untuk sayuran juga kami peroleh dari pekarangan rumah," ungkap . 

Nyatanya kreasi olahan manisan unik ini justru makin diminati masyarakat. Lantaran olahan manisan di Bojonegoro berbahan dasar labu dan pepaya jarang ditemui. "Olahan manisan labu sedikit berkuah dan bisa bertahan selama tiga hari jika disimpan di suhu ruangan," ucap Bu Tantri. 

Berbeda lagi dengan manisan berbahan dasar pepaya. Sebab, manisan pepaya ini lebih ribet proses pembuatannya akan tetapi tahan di suhu ruangan selama sebulan. "Beragam jenis buah atau sayuran yang saya buat olahan manisan. Di antaranya ada pepaya, salak, mangga dan kedondong. Untuk sayuran ada labu," katanya.

Menariknya, semua olahan manisan buah dan sayuran yang ia produksi tanpa mengandung pemanis buatan. Alias semuanya ia produksi dengan bahan alami. "Supaya lebih aman untuk konsumen saya pakai bahan alami semuanya," tegasnya. 

Ia memulai produksi olahan manisan seperti mangga semenjak 2020 lalu. Dan proses pembuatannya manual, dalam sehari bisa produksi sekitar 10 hingga 15 kilogram untuk semua jenis buah. "Harga mulai Rp3 ribu per onsnya, untuk kemasan sachet saya jual Rp7 ribu. Dan melalui online maupun offline," jelasnya.

Tak ayal, per bulannya ia bisa memperoleh omzet fantastis dari produksi penjualan manisan buah dan sayur. Bahkan bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga sehari-hari. 

Ia berharap, olahan manisan dan sayur produksi ini tak hanya cukup dikenal pasaran lokal area Bojonegoro. Namun bisa merambah ke luar Kota bahkan luar Provinsi. "Harapan kami sebagai pelaku IKM tentunya produksi ini semakin luas pemasarannya, terlebih di saat Pandemi Covid-19," harap wanita asal Kauman. [liz/lis]

 

Tag : Manisan, kuliner, warga, omzet



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat