07:00 . Jangan Panik, Ini Sebab Bayi Cegukan dan Cara Menghentikannya   |   20:00 . Pelaksana Desa Dander dan Ngunut Gelar FGD Program Penataan Sumber Air Bagi Masyarakat   |   19:00 . HJB ke-344, Nakes Puskesmas Temayang Terima Penghargaan   |   15:00 . Capaian Kinerja Pemkab Bojonegoro Terus Meningkat   |   14:00 . Beda Indikator, Penilaian Level Covid-19 di Bojonegoro Berbeda   |   12:00 . Hari Jadi Bojonegoro, Kejaksaan Negeri Terima Penghargaan dari Pemkab   |   10:00 . Bupati Beri Penghargaan Instansi, OPD Hingga Instansi Terbaik di Hari Jadi Bojonegoro 343   |   07:00 . Studi Buktikan Lingkungan Hijau dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anak   |   06:00 . 5 Wilayah di Jatim Level 1, ini Aturan Baru dalam PPKM   |   21:00 . Resmikan Wisata Religi, Gus Ali Berziarah ke Makam Yek Ali di Sumberejo   |   20:00 . Peringkat Hasil SKD Pemkab Bojonegoro Masih Tunggu Instruksi BKN Pusat   |   19:00 . KADIN Bojonegoro Goes to Campus, Podcast di 2 Tempat   |   18:00 . Yuk...! Ikuti Webinar Cerdas dan Bijak dalam Bermedia Sosial   |   17:00 . Desa Pilanggede Raih Penghargaan Tropi Proklim Utama dari KLHK   |   16:00 . Naik Tipis! Harga Emas Antam 24 Karat Dijual Rp915.000   |  
Thu, 21 October 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Nikmatnya Akhir Pekan Santap Kuliner Iwak Gloso Khas Waduk Pacal

blokbojonegoro.com | Sunday, 10 October 2021 17:00

Nikmatnya Akhir Pekan Santap Kuliner Iwak Gloso Khas Waduk Pacal Pelanggan sedang menikmati kuliner Iwak Gloso. (Foto: Lizza Arnofia)

 

Reporter: Lizza Arnofia

 

blokBojonegoro.com - Kabupaten Bojonegoro selain saat ini dikenal sebagai Alus Jujuge Lan Ngelenyer Dalane, Bojonegoro juga memiliki potensi wisata alam yang tak kalah menarik yakni Waduk Pacal yang berada di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro.

 

Tepat di tepi Jalan Raya Bojonegoro - Nganjuk, di sekitar Desa Kedungsumber tersebut berdiri kokoh bangunan sederhana semi permanen yang dikelilingi rindangnya pohon jati. Warung tersebut oleh sebagian masyarakat dikenal dengan sebutan Warung Semok Mbok Sum.

 

Warung yang berdiri sejak tahun 2006 tersebut, menjajakan beragam kuliner tradisional khas Waduk Pacal. Yakni ikan gloso sebagai menu favorit yang merupakan jenis ikan air tawar dari Waduk Pacal dan tak jauh lokasinya dari Warung Semok.

 

"Selain itu juga menawarkan wader air tawar,

udang, mujair hingga nular. Dengan harga satu porsi Rp 15.000 lengkap dengan sajian nasi jagung, sayur menir, ditambah sambal kemangi yang menambah cita rasa kuliner hingga segelas teh," tegas Bu Sum.

 

Setiap harinya Warung Semok yang buka dari pukul 07.00 hingga 14.00 WIB tersebut, per hari pemilik warung alias Bu Sum selalu menyediakan sekitar 6 hingga 7 tong ikan segar yang diambil dari Waduk Pacal.

 

Menariknya, pengunjung yang datang juga bebas memilih menu sepuasnya atau menambah sayur maupun nasi. Bahkan para pengunjung yang datang tak hanya di sekitar Bojonegoro, namun dari luar Kota. "Baik Cepu, Nganjuk, Blitar, Surabaya maupun Tulungagung," imbuhnya.

 

Terpisah, Zakia pengunjung dari Ledok Kulon, Bojonegoro, mengungkapkan meski jarak antara Bojonegoro Kota dengan Temayang sekitar 35 Kilometer. Tiap akhir pekan tiba tak pernah menyurutkan niatnya untuk menikmati kelezatan Iwak Gloso sambal kemangi di Warung Semok.

 

"Selain hemat di kantong per porsi Rp15.000 cita rasanya juga khas, apalagi nuansanya di tengah hutan jati justru menarik untuk terus dikunjungi," pungkasnya. [liz/lis]

 

Tag : Iwak gloso, kuliner, waduk



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat