17:00 . Dokter Muda di Bojonegoro Meninggal Usai Kecelakaan dengan Pikap   |   15:00 . BUMDes Mekar Bimo Ngunut Suplai Air Bersih Bagi Ratusan KK   |   13:00 . Kurang Konsentrasi, Tiga Truk Terlibat Laka Beruntun di Bojonegoro   |   19:00 . Kolaborasi Antar Prodi, HMP BSA dan HMP PBI Adakan Kemah Bahasa   |   18:00 . Puluhan Santri Studi di ICW dan Kunjungi D'Konco Cafe Bojonegoro   |   17:00 . Polisi Lakukan Rekonstruksi Ulang Meninggalnya Pelajar di Bojonegoro   |   16:00 . 316 Madrasah Ditargetkan Akreditasi, Paling Banyak RA   |   15:00 . Ribuan Warga Bojonegoro Serbu Beras Murah SPHP   |   14:00 . Denny Caknan Batal Konser di Bojonegoro, Gegara Kasus Pengeroyokan?   |   13:00 . Mahasiswi PAI UNUGIRI Bojonegoro Juara Nyanyi Bahasa Jawa   |   11:00 . Bhakti Masyarakat Mahasiswa FKMB UIN Sunan Ampel Surabaya   |   09:00 . Ada Polisi, Balap Liar Ngumpet di Kuburan   |   19:00 . Akademi Bisnis Praktis Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan Bulan Ramadan   |   17:00 . Pebalap Liar di Bojonegoro Sembunyi di Makam Saat Dikejar Polisi   |   16:00 . Berita Duka, Ibunda Mayjend (TNI) Purn. Wardiyono Tutup Usia   |  
Tue, 27 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tingkatkan Kepercayaan Diri Anak, Orang Tua Bisa Lakukan 4 Tips Berikut

blokbojonegoro.com | Tuesday, 20 September 2022 07:00

Tingkatkan Kepercayaan Diri Anak, Orang Tua Bisa Lakukan 4 Tips Berikut

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Dalam mengasuh anak, ada banyak hal yang penting untuk para orang tua perhatikan. Hal ini karena pola asuh orang tua, akan sangat berpengaruh pada anak ke depannya, termasuk bagaimana mereka kepribadian hingga perilakunya.

Salah satu yang juga sangat berpengaruh dari pola asuh orang tua yaitu kepercayaan diri anak. Rasa percaya diri pada anak tersebut, terbentuk karena temperamen yang bergantung pada gaya serta kepribadiannya.

Melansir News18, dalam penelitian berjudul Tahapan Perkembangan Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak mengungkapkan, perbedaan temperamen menjadi alasan mengapa seorang anak percaya diri, ekstrovert, ceria, dan terbuka atau tertutup, pendiam, dan kurang dalam keterampilan sosial.

Semua hal tersebut kembali lagi dengan bagaimana cara orang tua bersikap kepada anaknya. Berikut terdapat beberapa tips yang penting dilakukan orang tua untuk mendorong tingkat kepercayaan diri anak.

Cintai anak tanpa syarat

Mencintai anak tanpa syarat, akan sangat bagus untuk membentuk kepercayaan diri anak. Ketika anak masih muda, ia akan selalu ingat ucapan dan perilaku orang tua. Jika orang tua memarahi atau meneriaki yang memengaruhi harga diri anak, itu akan juga berpengaruh pada tingkat kepercayaan dirinya.

Oleh sebab itu, orang tua harus bisa menunjukkan rasa cintanya. Bahkan, meskipun ingin memberi masukkan kepada anak, harus diucapkan dengan cara yang baik sehingga tidak memengaruhi rasa percaya dirinya.

Menghargai anak-anak

Anak biasanya membutuhkan pengakuan dari orang tuanya, terutama jika ia berhasil melakukan suatu hal. Peran penting orang tua dalam hal ini yaitu memberikan apresiasi penghargaan serta pujian kepada anak. Itu akan membuat anak merasa jika apa yang dilakukannya berhasil membanggakan orang tuanya.

Meski demikian, orang tua juga tetap harus memiliki sikap tegas jika anak melakukan sesuatu yang buruk. Namun, ketika anak melakukan sesuatu yang membanggakan, penting mengapresiasi usahanya.

Dorong anak untuk gigih

Banyak anak yang memiliki kemampuan tetapi tidak percaya diri. Hal ini akan menjadi momen penting orang tua mendorong anaknya untuk gigih dalam mencapai kesuksesannya. Orang tua dapat menanamkan jika mereka harus bisa bekerja keras untuk mencapai kesuksesan.

Jelaskan juga kepada anak jika kegagalan bukanlah suatu hal yang bisa merusak kepercayaan diri. Justru dari kegagalan tersebut ada pelajaran yang bisa dijadikan fase untuk bangkit kembali.

Jangan terlalu kasar dalam kritik

Kritik pada dasarnya hal yang baik untuk seseorang bisa menjadi lebih baik. Namun, kritik tersebut tidak bisa disampaikan terlalu kasar kepada anak. Hal ini karena kritik yang kasar akan memengaruhi kepercayaan diri anak tersebut.

Oleh sebab itu, orang tua harus tahu cara komunikasi yang baik untuk memberikan kritik anaknya. Jadi meskipun telah memberikan kritik, itu tidak akan memengaruhi kepercayaan diri anak.

*Sumber: suara.com

 

 

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News   

 

 

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat